East Java trip #4: Baluran, low-end Africa ala ala di Pulau Jawa

Destinasi terakhir dari trip kali yaitu ke Baluran, yang katanya Afrika ala ala gitu. Di foto sih iya, padang savana dengan hewan hewan liar. Ya kali ini ke Afrika versi low-end dulu lah, siapa tahu nanti ada rezeki safari beneran di Serengeti, Tanzania πŸ˜€

Lumayan jauh juga dari Kawah Ijen. Dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran ke lokasi juga lumayan jauh dengan jalan yang jug gija gijug. Di sekeliling jalan kita bisa liat hutan dengan semak belukar dan monyet monyet liar.

P_20160821_125846

P_20160821_131006

Jadi ternyata explore spot savana Balurannya nanti sore biar agak teduh. Kita melipir dulu ke Pantai Bama. Iya pantai beneran. Di sekita pantai ada beberapa fasilitas penunjang kek warung makan, toilet dll. Pantai nya dikelilingi hutan bakau dan spot yang berpasir gak terlalu luas. Yah lumayan lah, walau gak bagus bagus amat. Males juga explore pantai soalnya panas banget, soalnya kita ke sana pas tengah hari. Oh ya pesen makan siang di warung yang kita datengin lama banget. Ada kali nunggu hampir sejam. Tahu gitu kan bisa pindah warung. Errghhhhhh.

P_20160821_141614

P_20160821_141832

P_20160821_142707

P_20160821_143312_1

Menjelang sore kita langsung berangkat ke savana Baluran. And finally, kita explore savanna Baluran, yeaaayy! Ya agak mirip Afrika sih, savanna padang rumput terus kalo beruntung bisa liat hewan liar kek banteng, kerbau hutan berlarian. Ada juga burung elang dan burung lainnya, tapi gak ada singa ya, so no worry hhehe. Gak ada jerapah, gajah kuda nil macam di Serengeti sana, yah namanya juga Africa ala ala, yang mirip cuma landscape nya doang. Cukup instagramable lah jangan lupa pake caption yang cetar membahana biar banyak yang like πŸ˜€

P_20160821_152709

P_20160821_153751

P_20160821_154325_1

P_20160821_155151

P_20160821_155818

P_20160821_160053

P_20160821_160918_1

handstandbaluran

IMG_1979

P_20160821_160723

Sekitar jam 5 kita kembali ke Surabaya. Karena nyampenya tengah malem dan pulang pake kereta jam 12 siang, kami nginep di hostel nggak jauh dari Stasiun Gubeng. Gw udah booking di My Studio hostel dari booking.com. Tipenya dormitory gitu, se ruangan ada beberapa kasur. Lumayan lah bisa mandi sama tidur di kasur. Begitu nyampe, langsung mandi anget lanjut. Udah 2 hari gak mandi gak tidur beneran. Enak banget. Harga hostel udah termasuk sarapan ya. Lumayan lah dapet roti dan kopi. Waktu lagi sarapan ketemu sama backpacker lain yang kebanyakan dari Eropa dan mau pada lanjut ke Bali dan Gili Tralala. Gw juga kenalan sama backpacker namanya Anne, seru banget kalo denger cerita traveling dia dan kita saling follow di IG. Kalo nyari hostel dengan budget di bawah 100rb, My Studio bisa jadi pilihan. Lokasinya strategis, cuma beberapa ratus meter dari Stasiun Gubeng dan gak jauh dari kawasan Tunjungan.

Sebelum pulang kami keliling keliling dulu sekitaran hostel terus lanjut beli oleh oleh buat. Gw beli lapis Surabaya yang terkenal itu buat orang rumah. Lumayan juga jadi tahu Surabaya. Kurang lebih kek Jakarta panas, tapi lebih bersih. Eh tapi di bagian lain nggak tahu juga, at least daerah daerah yang gw lewatin sih relatif bersih dibanding kota lain. Gak banyak yang bisa dilihat selain karena waktunya juga gak cukup. Mungkin next time kalo ada waktu lebih bisa explore sisi lain kota ini.

P_20160822_082719

P_20160822_091355

P_20160822_091544

P_20160822_093149

P_20160822_094405

P_20160822_100057

Jam 12 gw sama Yuzha pulang pake kereta ekonomi (lagiihh) Gaya Baru Malam Selatan estimasi nyampe Stasiun Pasar Senen jam 1 pagi. Dari sana langsung pake uber ke rumah Yuzha di Cileungsi.

Akhirnya selesai juga trip explore Jawa Timur ini. Seru banget apalagi jalan sama sobat sendiri. Thanks ya Yuzha udah jadi traveling buddy gw. Jangan kapok ya kalo nanti gw bawa jalan jalan lagi. Jadi kapan ke mana lagi kita???

β€œI don’t remember days, I remember memories. One day, we’ll treasure every memory we have.”

totaltripeastjava

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s