The art of being a solo traveler

Folks,

selama libur long weekend akhir April 2017 kemarin gw berkesempatan nge-jarambah solo traveling ke Da Nang di Vietnam, Melaka, Kuala Lumpur dan Putrajaya di Malaysia. Enam hari, empat kota, dua negara. Trip ini sebenernya ngedadak, gw baru beli tiket awal sekitar akhir Maret – awal April, kurang dari sebulan dari waktu keberangkatan. Tebak berapa total pp tiket pesawtat yang gw keluarin buat JKT – KL – Da Nang – KL – Jakarta??? Hanya Rp 728,000 saja alias cuma bayar airport tax doang. Kok bisa??? ya bisa dong, asal tahu caranya hahahhaa. Sebenernya kalo kalian member AA BIG, promo kek gini itu ada terus loh. Asal point cukup buat di-redeem.

Jadi ceritanya, lagi ngegabut *as usual* cek email ada promo redemption point AA BIG Point. Liat kalender kebetulan ada tanggal merah di tanggal 1, ya udah langsung hajar beli tiket. Cuti 2 hari bisa lah ya. Eh tapi kalo 6 hari di Malaysia kok berasa sayang ya. Tapi belum tahu mau ke mana lagi. Ke Thailand lagi gak ada promo mahallll. Ada promo ke Filipina, ke Manila bisa dapet 3 hari di sana. Coba tanya-tanya ke temen di Manila, kata mereka sayang kalo 3 hari doang di Manila. Gak banyak yang bisa diliat. Ditambah ke sana lagi rawan. Kalo mau, disaranin ke daerah selatan, macam ke Puerto Princessa dan El Nido di Pulau Palawan. Cek tiket ada sih promo, cuma waktunya mepet, gak akan cukup. Thailand, Filipina skip ke mana ya? Cek lagi ke mana yang ada promo, ternyata ada ke Vietnam tapi ke Da Nang bukan Ho Chi Minh atau Hanoi. Googling Da Nang keknya menarik juga. Tapi cuma ada 3 hari, ya udah lah daripada ke Malaysia doang. Untuk trip journal di masing masing kota bakal gw tulis terpisah dari artikel ini.

Di sini gw mau cerita soal seni dan asyiknya solo traveling. Biasanya kalo gw jalan jalan ke satu tempat, ya udah gitu doang gak terlalu meninggalkan kesan. Cuma dateng, foto foto, nikmatin suasana terus pulang, that’s all. Tapi kali ini beneran beda. Mungkin destinasinya biasa aja, ah cuma ke situ doang. I felt so different. Sounds cliché, but it’s not about the destination but it’s about the journey. Ketika ber-solo traveling, kalian bakal menguji survival skill di luar comfort zone. Bagaimana mencoba berinteraksi dengan orang lokal yang tidak bisa berbahasa Inggris. You are for yourself.

Di Da Nang gw salut karena kotanya bersih, rapih dan teratur. Terus gw diajak keliling-keliling sama mahasiswa volunteer yang pengen memperkenalkan kota ke turis sekaligus sambil memperlancar skill bahasa Inggris mereka. Lalu staff hostel gw yang cantik cantik dan ramah banget. Belum lagi pas gw ke pantai diajak main volley pantai bareng sama orang lokal sana. I love Da Nang, and definitely will be back as many places I haven’t visited yet. Gw belum sempet ke Hoi An sama Hue.

Di bus menuju Melaka, gw ketemu mbak Eka, traveler super asal Bali yang sepanjang perjalanan kita ngobrol ngalor ngidul dari soal pengalaman nge-trip, esensi hari Nyepi, tips kalo naik gunung, politik sampe ajakan ngedaki Gunung Agung yang asli ini gw beruntung banget karena dia udah ‘biasa’ naek Gunung Agung. Terus kita susah payah nyari grabtaxi tengah malem kerana gak punya paket data, bolak baliki cari Wi-Fi. Akhirnya nemu Grab driver yang baik banget sampe ngajak ngopi bareng keesokan harinya.

Di Melaka gw dibantuin sama uncle yang mau nganterin ke Melaka Sentral cuma dengan 10 MYR (harusnya 20 MYR) biar gw bisa ngejar bus balik ke KL. Walaupun cuma sebentar kita sempet ngobrol soal politik, kenapa Ahok bisa kalah sampe cerita pengalaman dulu dia pingsan waktu dibawa temennya ke tempat judi dan prostitusi di Jakarta (tahun 1970an judi sempat dilegalkan di Jakarta).

Di KL, host Couchsurfing gw mau nungguin sampe tengah malem dan jemput gegara gw salah ambil jalur LRT, padahal besoknya dia ada flight ke Bangkok. Dan gw jadi ngerasa nggak enak cuma ‘numpang’ tidur dan mandi doang karena paginya gw ke KL Sentral. Lalu gw ikut tur Dataran Merdeka Heritage Tour. Tour guide-nya Mrs. Jasmine, baik banget ngijinin gw ikut tour walaupun udah telat. Gw jadi tahu soal sejarah British Collonial era di Malaysia dan bagaimana mereka membangun setiap koloni mereka. Jauh banget deh sama penjajah Belanda #poormybelovedcountry. Sampe penjelasan bedanya batik Malaysia dan Indonesia yang dulu sempat heboh gegera isu saling klaim. Ya wajir sih kalo mereka klaim, sama sama namanya batik tapi secara karakter beda antara batik Malaysia dan Indonesia. You wouldn’t know if you didn’t get it from the reliable source. Yang koar-koar soal issue tersebut, keknya gak tahu soal ceritanya. You might be a fool, but don’t be ignorant.

Regardless, gak semua hal di trip itu selalu menyenangkan. Ada juga downside yang gw alamin selama traveling ini. Di hostel Melaka, tempatnya sumpek banget ranjangnya reyot belum lagi suara ngorok yang kenceng banget sama toiletnya jorok banget. Mungkin saking capeknya gw sampe gak peduli hahhhaa. Di hostel di KL, tengah malem tiba tiba AC nya bochooorr sampe harus dibongkar dulu. Tengah malem suara ketrak ketrok padahal mata udah gak kuat ngantuk. Belum lagi ketika lagi asyik asyik belanja, tiba tiba dapet email kalo flight balik gw direschedule. Cuma dikasih kompensasi makan voucher 10 MYR. Ya ngeselin sih, tapi mau komplen juga gw malu sendiri, orang cuma beli tiket gratisan. Jadi ya udahlah lah ya, dibawa enjoy aja :D.

But, If I didn’t experience those moments, my trip would be so damn boring. Cuma dateng, foto foto balik udah gitu aja gak berkesan. I thank so much to every person I met during this trip. I learnt aboud kindness, friendliness and diversity. Traveling baereng temen mungkin lebih seru karena ada temen seperjalanan, tapi dengan solo traveling you’ll have a different story. You’ll meet many unexpected things, and that’s what I’m excited.

Leave a Reply

